Sabtu, 15 Juni 2013

Genetika, Ilmu yang Semakin Berkembang

Di era modern ini, kita semakin sering mendengar kata-kata genetika yang mempengaruhi perbedaan antar individu. Banyak yang masih belum mengerti mengenai berbagai istilah dalam genetika. Berikut akan saya uraikan secara singkat dan sederhana mengenai beberapa istilah tersebut.

Pertama adalah DNA. DNA atau Deoxyribonucleic acid merupakan bagian unit terkecil yang tersusun atas gula deoxyribosa, fosfat, dan basa nitrogen yang terdiri atas  adenin, guanin, sitosin, dan timin yang membawa materi genetik.


Berikutnya adalah gen. Gen adalah serangkaian DNA yang diekspresikan dan membawa 1 sifat genetik. Ekspresi gen adalah proses dimana kode-kode informasi yang ada pada DNA diubah menjadi protein-protein yang beroperasi dalam sel.


Selanjutnya, gugus atau himpunan gen lengkap di kromosom dari suatu organisme baik yang diekspresikan maupun tidak, yang mengendalikan keseluruhan metabolisme sehingga organisme tersebut dapat hidup dengan sempurna disebut dengan genom.



Kemudian ada istilah lokus, yaitu tempat dimana gen-gen tersusun dalam suatu kromosom.
Gen-gen tersebut memiliki suatu replika yang mungkin mirip atau dapat juga berbeda sama sekali yang disebut alel. Sekumpulan lokus akan membentuk sebuah kromosom. 

Jadi secara sederhana, dapat dianalogikan sebagai berikut :


Genom             ----->        Buku
Kromosom        ----->        Bab
Lokus               ----->        Sub bab
Gen                  ----->        Kalimat
DNA                 ----->        Kata


Tidak ada komentar: